Sekolah Diminta Adakan Pelajaran Tambahan

162 views
news4017PEKANBARU (RiauInfo) – Selaku orang tua siswa, Sabtu (16/2) lalu, Bupati Bengkalis H Syamsurizal dan isteri Ny Hj Fauziah Syamsurizal, menghadiri pertemuan dengan Kepala Sekolah dan majelis guru Sekolah Dasar (SD) Negeri 08 Kecamatan Bengkalis. Tempat dimana putri kembarnya — Siti Fatria Fatmala dan Siti Fatria Fatmila – yang saat ini duduk di kelas VI menuntut ilmu.

Bersama sekitar 40 orang tua siswa-siswi lainnya yang hadir, Syamsurizal dan isteri, dengan seksama mengikuti penjelasan, maksud dan tujuan pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut.

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kelas VI itu dilakukan guna membahas langkah-langkah yang akan diambil pihak sekolah untuk mempersiapkan para siswa dalam menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) untuk siswa kelas VI.

Ditemui usai di ruang kerjanya, Senin (18/2), Kepala SDN 08, M Zubir mengatakan, kehadiran para orang tua siswa kelas VI itu pada Sabtu lalu itu, dilakukan untuk membahas dan meminta dukungan mereka mengenai langkah-langkah yang akan diambil pihak sekolah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi UASBN.

“Sesuai jadwal, UASBN untuk siswa kelas VI akan dilaksanakan sekitar dua bulan lagi. Karena itulah kami mengundang mereka, termasuk bupati dan isteri yang putri kembarnya juga siswa kelas VI di SDN 08 ini,” terangnya seraya mengatakan kegiatan tambahan ini dilaksanakan gratis.

Dijelaskan Zubir, untuk menambah bekal pengetahuan dan pemahaman siswa tentang tata cara mengisi lembar jawaban, pihak sekolah melakukan tambahan jam belajar di luar jam belajar reguler. “Alhamdulillah, seluruh orang tua siswa dalam yang hadir dalam pertemuan itu setuju dan mendukung rencana yang kita buat,” katanya.

Masih menurut Zubir, adapun langkah yang diambil pihak sekolah, yaitu mengadakan jam pelajaran selama sekitar dua jam setiap harinya. “Kegiatan itu dimulai Senin ini sampai beberapa hari menjelang UASBN. Termasuk mengerjakan contoh soal-soal yang mungkin diujikan dalam UASBN,” katanya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sambung Zubir, sehabis jam pelajaran reguler, para siswa kelas VI tidak pulang ke rumah. “Untuk menghemat waktu, mereka makan siang di sekolah. Setelah istirahat sebentar, langsung mengikuti pelajaran tambahan tersebut sampai sekitar pukul 15.30 Wib,” imbuhnya.

Mengenai makanan siang para siswa, Zubir mengatakan tidak disediakan pihak sekolah. Tetapi disiapkan orang tua masing-masing. “Pihak sekolah tidak mempunyai tenaga untuk itu. Alhamdulillah, para orang tua siswa juga menyanggupinya untuk mengantar makan siang buat anak mereka ke sekolah,” tambah Zubir.

Terkait dengan pelaksanaan pelajaran tambahan ini, selaku Bupati Bengkalis, Syamsurizal mendukung sepenuhnya. Bukan itu saja, kepada seluruh SD yang ada di daerah ini, bupati yang sangat peduli dengan pendidikan ini berharap agar dapat melakukan hal serupa.

“Begitu juga orang tua siswa, hendaknya dapat mendukung kegiatan tersebut. Kita sudah instruksikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk membuat edaran ke masing-masing sekolah. Kita harapkan tidak satupun ada siswa kelas VI SD yang mengulang UASBN. Untuk itu, para orang tua siswa juga dapat mengawasi belajar putra-putri mereka di rumah dengan baik,” ujar Syamsurizal saat ditemui di kantor Bupati Bengkalis, Senin (18/2) pagi.

Selain SDN 08, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, sekolah yang sudah melakukan kegiatan serupa sebelumnya adalah SDN 01 Kecamatan Bengkalis. “Kita sudah melakukannya sejak beberapa minggu lalu,” kata Kepala SDN 01 Nurzairina, belum lama ini.

Sebelumnya Syamsurizal sudah menyampaikan bahwa sesuai Prosedur Operasi Standar (POS) UASBN yang dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), ada tiga mata pelajaran yang akan diujikan dalam UASBN. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Banyak soal yang diujikan untuk masing-masing mata pelajaran adalah 50, 40 dan 40 soal, dengan alokasi waktu yang diberikan pada siswa untuk menyelesaikan selama 120 menit untuk setiap mata pelajaran.

“Berdasarkan POS UASBN pelaksanaan UASBN ketiga mata pelajaran masing-masing dilaksanakan 13, 14 dan 15 Mei 2008 mendatang. Sedangkan UASBN Susulan untuk setiap pelajaran dilaksanakan satu minggu setelah UASBN Utama mata pelajaran bersangkutan,” terang Syamsurizal, beberapa waktu lalu.(ad/rls)


Posting Terkait