Selatpanjang Miliki Gerai Pangan Lokal

235 views

SELATPANJANG (RiauInfo) – Berdirinya gerai Gerai Pangan Lokal di Kota Selatpanjang diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang produk pangan lokal yang diproses dengan baik, memiliki nilai gizi dan nilai fungsional serta bermartabat, dengan bahan baku diketahui asal-usulnya.

Demikian dikatakan Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, di Selatpanjang, Rabu (7/1). Dirinya mengapresiasi program UP2K PKK Kepulauan Meranti. Kehadiran Gerai Pangan Lokal sebagai salah satu bentuk sosialisasi ke masyarakat untuk mengkosumsi makanan lokal yang sehat dan bermutu.

“Harapan kita kedepannya agar terus melakukan pengembangan dan pengolahan pangan sehat yang aman,” sebut Bupati, didampingi Ketua TP PKK, Nirwanasari dan Kepala DPPKP, Yulian Norwis.

Bupati menambahkan, dengan dibukanya gerai pangan sehat di Kota Selatpanjang, diharapkan mampu mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap beras, dengan adanya potensi bahan pangan lokal akan memperkaya jenis sumber pangan pokok ditengah-tengah masyarakat.

“Kita bisa berhemat dan menutupi kegiatan produksi padi dan mengantisipasi alih fungsi lahan. Bila ada gerakan satu hari tidak mengkonsumsi beras, saya kira ini cukup efektif. Di Jepang, gerakan ini ternyata sukses menjadikan masyarakat lebih suka konsumsi ikan laut,” ujarnya.

Gerai Pangan Lokal yang terletak di jalan Kartini persis di depan Hotel Grand Meranti itu, menjual produk makanan yang berbasiskan dari bahan olahan sagu. Wakil Ketua TP PKK, Tengku Reny Asmahrani menjelaskan produk yang dijual digerai tersebut merupakan hasil produksi kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Kita bekerjasama dengan UP2K memberdayakan kelompok-kelompok masyarakat untuk memproduksi berbagai produk pangan lokal, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, petani, nelayan dan lain sebagainya,” katanya.

Beberapa produk pangan yang disajikan di gerai pangan sehat, rincinya, antara lain kerupuk sagu, amplang, tepung sagu, sagu telur, sagu lemak, sesagun, mie sagu, sagu rendang, loyang sagu, dan beraneka makanan lainnya. (san)

Posting Terkait