Sepeda dan Jas Kesayangan Soeman HS di Arena Riau Expo

476 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dulu, semasa hidupnya Sastrawan Riau dari angkatan Pujangga Baru, Soeman HS punya kebiasaan jalan-jalan sore dengan mempergunakan sepeda dayung kesayangannya. Dengan memakai jas warna coklat, Soeman HS menikmati suasana kota di atas sadel sepeda tua itu.

Sepeda tua itu juga punya sejarah saat Menteri Pendidikan waktu itu dijabat Daud Yusuf melakukan kunjungan kerja ke Pekanbaru. Dengan meminjam sepeda kesayangan Soeman HS itu, Daud Yusuf mengunjungi sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru.

Sepeda tua yang punya sejarah cukup tinggi itu, kini dapat dilihat langsung di arena Riau Expo yang digelar di Bandar Serai, Pekanbaru. Selain sepada tua, barang-barang milik Soeman HS lainnya juga dipajangkan, seperti celana kain, jas coklat, kaca mata. jam tangan dan tongkat kayu.

Barang-barang bersejarah milik Soeman HS itu dipajang di stan pameran museum Sang Nila Utama Riau. Di stan ini dapat pula ditemukan tas koper tua dengan tiga stel pakaian di dalamnya serta berbagai penghargaan dari dalam maupun luar negeri untuk Soeman HS.

Menariknya lagi sejumlah buku-buku anyar hasil karya Soeman HS juga dipajang, seperti buku Roman “Pencuri Anak Perawan”, “Kawan Bergelut” dan sebagainya. Ada pula buku “Kawan Bergelut” edisi bahasa Sunda yang kabarnya didapatkan dari Belanda.(ad)

Posting Terkait