Sinergi BPD Hasilkan Kekuatan Besar

509 views

pidato OJK (Custom)

PEKANBARU (RiauInfo) – “BPD harus menjadi tuan rumah di daerah masing-masing”, itu yang disampaikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad dihadapan 26 Direktur Utama  Bank Pembangunan Daerah (BPD) Seluruh Indonesia. Muliaman hadir dalam Gala Dinner pada Jumat malam (01/04) yang diadakan Bank Riau Kepri di Gedung Daerah Balai Serindit, Pekanbaru Riau, yang menjadi penyelenggara perhelatan nasional Penarikan Undian Tabungan Simpeda periode II XXVI – 2016.

Selain menyampaikan sinergi BPD, Muliaman menjabarkan kembali perlunya dilakukan evaluasi pelaksanaan Transformasi BPD SI yang dicanangkan setahun lalu oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya Muliaman juga menyampaikan bahwa BPD harus menyikapi dan melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi rezim suku bunga rendah, selain itu perubahan bisnis yang terjadi disaat terjadi perlambatan ekonomi harus siap dihadapi. Salah satu cara menghadapinya yaitu dengan melakukan pembahasan sesama BPD, saling sharing serta melakukan latihan/exercise.

Perkembangan Teknologi yang terjadi juga menjadikan BPD harus terus melakukan inovasi dan membuat perubahan layanan dan produk yang dihasilkan, sehingga nasabah dan masyarakat terbantu dan diberi kemudahan akses terhadap layanan perbankan. Oleh karenanya Muliaman mengatakan bahwa sudah sepantasnya BPD tumbuh secara un organik dan saling bersinergi (holding) sehingga menghasilkan kekuatan besar. BPD juga harus membuat akses perbankan yang luas, salah satu bentuk branchless banking yang bisa dilakukan seperti akses laku pandai termasuk pemberian kredit melalui agen laku pandai.

Sebelum menutup sambutannya, Muliaman juga menyampaikan agar BPD harus membangun kekuatan SDM dan teknologi untuk merespon perubahan dan membuka akses keuangan kepada masyarakat secara luas. Nantinya OJK akan menggagas sertifikasi kepemilikan asset rakyat yang nantinya bisa digunakan untuk agunan. Selain itu BPD diharapkan menjadi APEX Bank bagi BPR dan lembaga keuangan mikro didaerah masing-masing.

Dalam Gala Dinner di Balai Serindit, Muliaman menerima nasi tumpeng/kuning sebagai bentuk syukur atas HUT Bank Riau Kepri ke 50 yang diberikan oleh Komisaris Utama Bank Riau Kepri HR. Mambang Mit didampingi oleh Dirut Bank Riau Kepri serta disaksikan oleh Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Gubernur Kepulauan Riau yang diwakilkan oleh Syamsul Bahrum PhD  Asisten  II Provinsi Kepri. (rls)

 

gala dinner (Custom)

Penyerahan plakat dari Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman keada Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad saat Gala Dinner menyambut tamu dari BPD seluruh Indonesia sempena penarikan Undian Tabungan Simpeda BPD SI Periode II XXVI-2016

 

Bank RiauKepri

Posting Terkait