SISTEM BARU DI PEMKO PEKANBARU Bayar Rp 400 Ribu, Dalam Tempo 3 Jam KTP Bisa Langsung Jadi Lho!

258 views
news3090PEKANBARU (RiauInfo) – Pemko Pekanbaru mengeluarkan aturan baru dalam pelayanan pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bagi warga yang banyak duit, maka dengan membayar sebesar Rp 400 ribu, maka KTP-nya bisa langsung jadi hanya dalam waktu 3 jam. Lalu bagaimana dengan warga yang duitnya hanya sedikit?

Ada empat pilihan yang diberlakukan Pemko untuk pengurusan KTP ini. Pilihan pertama KTP bisa selesai 3 jam jika membayar Rp 400 ribu. Kedua, KTP bisa selesai satu hari jika membayar Rp 300 ribu. Lalu pilihan ketiga, KTP bisa selesai dua hari kalau membayar Rp200 ribu. Dan pilihan terakhir KTP bisa selesai diatas 14 hari jika membayar hanya Rp13.000.

Kepala Dinas Kependudukan Kota Pekanbaru, Dorman Johan kepada wartawan Rabu (14/11) di Pekanbaru mengatakan dengan sistem baru itu masyarakat jadi punya pilihan dalam mengurus KTP. “Kalau mereka ingin KTP cepat selesai, ya harus bayar lebih besar,” jelasnya.

Pengurusan KTP dengan sistem pilihan ini sangat membantu masyarakat yang membutuhkan KTP dalam waktu cepat. “Tapi bagi masyarakat yang tidak mampu tetap diberikan kesempatan untuk mengurus KTP dengan biaya yang sangat murah,” tambah dia lagi.

Menyinggung tudingan sebagian masyarakat yang menyebutkan sistem baru ini akan mengundang tindak korupsi, dia malah menyebutkan sistem ini justru menghilangkan kesempatan untuk berbuat korupsi. Sebab si pembuat KTP diharuskan melakukan pembayaran pada kasir yang telah ditentukan.(Ad)

 

Posting Terkait