Siswa Terbaik SLTA se-Riau Ikuti Seleksi Final DCR

139 views

PEKANBARU (RiauInfo): Sebanyak 60 siswa-siswi terbaik SLTA dari 12 kabupaten/kota se-Riau akan berkumpul di Rumbai, Pekanbaru. Mulai besok hingga Selasa (27-29 Maret), mereka akan mengikuti seleksi final Darmasiswa Chevron Riau (DCR) sebagai wakil dari masing-masing kabupaten/kota di Provinsi Riau. Para penerima darmasiswa Chevron ini bakal menjalani serangkaian tes yang terdiri dari aptitude test, psikotes, serta wawancara untuk menentukan ranking pemenang.

’’Pada hari Minggu, para peserta berkumpul di Politeknik Caltex Riau sebagai ajang pengenalan. Setelah itu, peserta akan menginap di Kompleks CPI di Rumbai selama mengikuti seleksi final,’’ jelas Ketua Program DCR 2011 Iwan Tofani Iljas. Dari seluruh 12 kabupaten/kota di Riau, termasuk kabupaten baru Kepulauan Meranti, masing-masing mewakilkan lima siswa untuk mengikuti seleksi final.

Para siswa itu diseleksi oleh masing-masing dinas pendidikan. Sebagai dasar legalitas, lanjut dia, masing-masing dinas pendidikan kabupaten/kota menyerahkan daftar nama wakil mereka yang dituangkan dalam bentuk surat keputusan yang ditandatangani oleh kepala dinas.

Pengumuman peringkat pemenang akan dilakukan di Rumbai Country Club, Kompleks PT. CPI Rumbai, pada hari Selasa dan rencananya akan dihadiri Gubernur Riau. Yang unik, pada acara tersebut, panitia juga melibatkan alumni penerima DCR. Selain untuk jalinan silaturahmi, kehadiran mereka diharapkan dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi Riau penerima DCR tahun ini.

Para penerima DCR terbagi empat peringkat. Peringkat pertama (sebanyak tiga orang) berhak mendapatkan darmasiswa senilai Rp 15 juta/tahun ditambah satu unit laptop dan sebuah printer, peringkat kedua (lima orang) Rp 12,5 juta/tahun ditambah sebuah laptop, disusul peringkat ketiga (tujuh orang) Rp 10 juta/tahun, serta peringkat keempat (45 orang) masing-masing mendapatkan Rp 6 juta/tahun.

Masing-masing penerima DCR ini menerima bantuan biaya pendidikan selama empat tahun penuh selama memenuhi ketentuan, di antaranya, harus mendapatkan IPK rata-rata minimal 2,75 (skala 4) untuk setiap tahun akademik. Pada saat wisuda nanti, mereka juga mendapatkan bantuan sebesar Rp 750 ribu.

DCR merupakan program kemitraan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dengan Dinas Pendidikan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Riau yang sudah berjalan selama 11 tahun. DCR memberikan akses kepada siswa-siswi berprestasi Riau untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui bantuan biaya pendidikan. Hingga saat ini, sudah 565 siswa-siswi Riau yang pernah mendapatkan darmasiswa ini dan melanjutkan kuliah di berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Sebagian dari mereka yang telah menyelesaikan studi kini berkarier di berbagai perusahaan nasional maupun multinasional.(ad/rls)

Posting Terkait