Status Gelombang Pulau Tujuh Natuna Masih Waspada

123 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gelombang tinggi masih mewarnai sejumlah perairan Kepulauan Riau, Jumat (27/11/09) ini. Keadaan tersebut dinilai perlu diwaspadai oleh pelayaran yang melewati jalur perairan yang mengalami gelombang tinggi. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan keadaan gelombang yang masih berbahaya bagi pelayaran berada di perairan Kepulauan Natuna sekitarnya.

Seperti perairan Matak, Tarempa dan Dabosingkep yang berdekatan dengan periaran Pulau Tujuh Natuna tersebut juga mengalami gelombang maksimum mencapai 3,5 meter. Gelombang setinggi ini akan membahayakan pelayaran.

“Tinggi gelombang Selat Melaka dan perairan Riau telah mulai turun. Begitu juga dengan perairan Batam, Tanjung Pinang dan Selat Singapura. Namun jika terjadi cuaca buruk, sewaktu-waktu gelaombang perairan ini akan mudah meninggi,”ungkap Kepala Kantor BMKG Pekanbaru melalui staf analisa Rahmad Tauladani kepada RiauInfo.

BMKG menilai gelombang yang harus diwaspadai pelayaran adalah perairan Natuna sekitarnya. Seangkan perairan Batam hanya sebelah Selatan-nya yang mengalami gelombang mencapai 2 meter.(Surya)

Posting Terkait