Stok Beras Pekanbaru Diperkirakan Cukup Untuk 6 Bulan

420 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru memastikan, stok sebanyak 2 ribu ton beras untuk Kota Pekanbaru masih mencukupi hingga enam sampai delapan bulan kedepan. Namun, operasi pasar oleh Bulog Divre Riau masih terus berlangsung di sejumlah pasar. 

Menurut Kadisperindang Kota Pekanbaru Kastalani Rahman, operasi pasar yang dilakukan Bulog tersebut tersu dilaksanakan hingga harga beras kembali stabil. Saat ini harga beras dipasaran masih kisaran Rp6 ribu per kilogramnya.

“Operasi pasar terus dilakukan oleh Bulog sampai harga stabil. Mereka tetap melakukan koordinasi dengan kita,” kata Kastalani belum lama ini di Pekanbaru.

Ketersediaan beras di gudang Bulog yang berada di Dumai untuk Provinsi Riau dipastikan masih ada 24 ribu ton lagi. Khusus untuk Kota Pekanbaru, stok beras sebanyak 2 ribu ton. Dengan ketersediaan tersebut, Disperindang memastikan tak akan khawatir akan kondisi rawan pangan.

“Sejauh ini tingkat kebutuhan beras kita cukup, dan daya beli masyarakat juga masih terjangkau. Makanya, sampai sekarang kondisi masih tenang dan stabil, meski harga beras dipasaran masih diatas Rp6 ribu perilogram,”ujarnya.

Kastalani menyebutkan, berdasarkan laporan dari Bulog, operasi pasar sudah dilakukan di enam titik berada dipusat pasar. Sayangnya, Kastalani mengaku tak ingat pasar mana saja yang sudah dilakukan operasi pasar.

Distribusi beras untuk Kota Pekanbaru, masih menurut Kastalani bersumber dari beberapa daerah impor, seperti Sumbar, Palembang dan Medan. Sedangkan distribusi beras dari Jawa saat ini masih sulit, hal itu disebabkan karena kondisi cuaca dengan adanya gelombang besar dilaut yang berdampak pada larangan kapal berlayar.(ad)

 

Posting Terkait