SUARA DIPERKIRAKAN 37,79 PERSEN, Syamsuar-Alfedri Unggul di Quick Count

566 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Putaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Siak, telah mencapai penghitungan suara pada Kamis (7/04/2011) ini. Meski hasil akhir suara sah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak, namun hasil penghitungan cepat dari Konsultan Citra Indonesia (KCI) telah mengumumkan hasil perolehan suara sementara untuk Pilkada Siak pada hari ini.


KCI yang merupakan mitra Lingkaran Survei Indonesia merilis hasil Quick Count mencatat pasangan Syamsuar -Alfedri (Suai) memperoleh suara 37,79 persen. Sedangkan pasangan Syaid Muhammad-Rusdaryanto beada di kisaran 33,82 persen suara. Sementara itu, 23,63 persen suara berhasil dicatat pasangan Oka Fauzi Jamil-Tengku Muhazza.Direktur KCI, Barkah Patimahu dalam konferensi pers Qick Count di Pekanbaru menegaskan, hasil Quick Count ini diakui merupakan hasil sementara perolehan suara dari Pilkada Kabupaten Siak. Namun, KCI menegaskan hasil ini berdasarkan statistik dan ilmia. Sehingga, dari pengalaman KCI selama ini di berbagai daerah Pilkada, kesalahan Qick Count rata-rata hanya terpaut kurang dari 1 persen.

“Kami mengambil 240 sampel TPS dari 707 TPS di Pilkada Siak. Jumlah pemilih mencapai 248.545 pemilih. Dengan metode statistik dan ilmiah, KCI telah banyak melakukan Quick Count dan umumnya hanya terjadi kesalahan dibawah satu persen dari hasil resmi KPU,”terang Direktur KCI Barkah Patimahu kepada wartawan.

Barkah menambahkan, umumnya para calon kepala daerah yang mendapatkan suara tinggi di Pemilu didukung oleh beberapa faktor. Terutama pada personality trend positif sang calon. Dimana, saat ini para pemilih sangat menyukai sang calon yang punya trend bersih dari masalah korupsi. Selanjutnya, sang calon punya isu atau program yang populer bagi masyrakat.

“Pasangan Syamsuar-Alfedri saat ini unggul di Quick Count sangat dipengaruhi oleh trend positif dan program mereka serta popularitas sang calon di mata masyarakat,”ungkap Barkah.(Surya)

Posting Terkait