Suarakan Pemekaran Kabupaten Inhil Selatan

650 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Puluhan orang berorasi di bundaran depan kantor walikota Pekanbaru. Orasi ini menyuarakan pemekaran wilayah untuk kabupaten Inderagiri Selatan dari kabupaten Inderagiri Hilir saat ni.

Selain kabupaten Inhil sebagai kabupaten terluas dan terbanyak penduduknya di provinsi Riau, kabupaten seribu parit ini juga punya 25 kecamatan dengan 668.815 jiwa penduduk. Massa memaparkan secara geografis dan demografis, sangat layak dilakukan pemekaran wilayah.

Pemekaran wilayah dari 6 kecamatan menjadi kabupaten Inderagiri Selatan terdiri dari kecamatan Tanah Merah, Sungai Batang, Reteh, Keritang, Kemuning dan kecamatan Enok yang terdiri dari 65 Desa dengan jumlah penduduk sekitar 300.000 jiwa.

Hal ini menjadi alasan massa dari Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Inderagiri Selatan (HIPPMAINSEL) menyatakan sikap mereka memperjuangkan pemekaran wilayah tersebut. Pernyataannya antara lain; Menyerukan seluruh masyarakat Riau khusunya Inhil Bagian Selatan agar mendukung pemekaran kabupaten Inderagiri Selatan.

Mendesak bupati Inhil dan DPRD Inhil untuk membentuk kajian Indipenden studi kelayakan pembentukan kabupaten Inderagiri Selatan (Insel). Mendesak bupati Inhil dan DPRD Inhil untuk memberikan rekomendasi persetujuan bersama pemebentukan kabupaten Insel.

Mendesak gubernur dan DPRD Riau memberikan rekomendasi atau persetujuan bersama pembentukan kabupaten Insel. Mendukung sepenuhnya aspirasi musyawarah besar II masyarakat Insel di Pulau Kijang kecamatan Reteh dalam tempo secepat-cepatnya.

Nova Sandi yang menjabat Ketua Umum HIPPMAINSEL menyatakan perjuangan ini telah berlangsung sejak 2001 silam. Sementara itu Fahmi Msi selaku tokoh pemuda Inhil Selatan menilai pembentukan kabupaten Insel sudah sangat layak. Hal ini menimbang selama ini hanya kabupaten Inhil saja yang belum dimekarkan di Provinsi Riau.

“Inhil itu salah satu kabupaten terbesar di Indonesia. Punya 25 kecamatan saat ini. Olehkarenanya Inhil Selatan mesti segera jadi kabupaten pemekaran dari Inhil saat ini,”terang Fahmi.(Surya)

 

Posting Terkait