Sungai Sail Makin Dangkal, Luapan Banjir Lambat Menyusut

214 views
news4540PEKANBARU (RiauInfo) – Puluhan rumah yang berada di sepanjang pesisir sungai Sail sampai Jumat (4/4) masih digenangi banjir. Bila dibandingkan kemaren sore, ketinggian air hari ini memang sudah mulai turun. Tapi penurunannya sangat lamban, sehingga diperkirakan 2 atau tiga hari mendatang rumah warga masih tetap digenangi air.

Dari pengamatan RiauInfo di lokasi banjir, bila dibandingkan dangan hari kemaren, penyusutan sektar 20 hingga 30 sentimeter. Padahal biasanya, jika air Sungai Sail meluap, penyusutannya sangat cepat. Hanya dalam waktu satu atau dua hari saja, air biasanya akan benar-benar surut.

Menurut warga setempat, lambatnya air menyusut disebabkan dasar sungai Sail yang bermuara ke Sungai Siak ini sudah sangat dangkal. “Jadi air yang menumpuk di badan sungai jadi lamban mengalir menuju muara sungai, sehingga banjir yang terjadi akan lama menyusutnya,” ungkap Putra, salah seorang warga Jalan Bambu Kuning.

Mendangkalnya dasar sungai Sail ini disebabkan tebing-tebing sungai sudah banyak yang runtuh. “Seandainya program turap cepat dilakukan di sungai ini, maka diperkirakan kami tidak akan kebanjiran begitu lama seperti sekarang ini. Air dipastikan akan cepat menyusut,” jelasnya.

Karena itu, dia berharap rencana Pemko Pekanbaru membangun turap disepanjang sungai Sail secepatnya direalisasi. “Kalau rencana itu ditunda-tunda terus, kami disini akan terus dihantui banjir setiap hujan deras turun,” tambahnya.(Ad)


Posting Terkait