Surat Dari Praha Calon Film Terbaik Usmar Ismail Award

438 views

Surat Dari Praha Calon Film Terbaik Usmar Ismail Award

JAKARTA (Riauinfo) –  Surat Dari Praha berpeluang menjadi film terbaik Usmar Ismail Award (UIA) 2016. Film yang disutradarai sineas muda Angga Dwimas Sasongko itu lolos ke final UIA dengan 7 nominasi, disusul film Guru Bangsa: Tjokroaminoto garapan Garin Nugroho juga meraih 7 nominasi dan film A Copy Of My Mind disutradarai Joko Anwar, meraih 5 nominasi.

Ketiga film itu melaju  ke final UIA setelah melewati perdebatan yang alot para juri saat seleksi nominasi dilangsungkan di hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta Selatan, pekan lalu. Ikut menyaksilkan jalannya seleksi nominasi Ketua Pengarah sekaligus penggagas UIA Adisurya Abdy, Ketua Bidang juri dan Kehumasan UIA Teguh Imam Suryadi dan Irwan Usmar Ismail, putra alm Bapak Perfilman Indonesia Usmar Ismail.

Ami Herman dari “RiauInfo” yang juga menjadi salah satu juri dari 19 juri yang dilibatkan melaporkan, 3 film yang beruntung lolos ke final itu merupakan hasil seleksi ketat dari 143 judul film yang dinilai untuk ajang ini.. Sedangkan unsur unsur yang dinilai seluruhnya  11 kategori meliputi film terbaik, sutradara, pemeran utama pria, pemeran utama wanita, pemeran pendukung pria, pemeran pendukung wanita, penyunting gambar, penata kamera, penata artistik, penata musik dan penata suara.

Di kategori pemeran utama pria, aktor Tio Pakusadewo (Surat Dari Praha)  juga berpeluang tampil sebagai aktor terbaik. Saingannya di final adalah Deddy Sutomo (Melihat Hilal) dan Reza Rahadian (Guru Bangsa: Tjokroaminoto).

Sementara artis yang bersaing ketat memperoleh penghargaan pemeran utama wanita adalah Tara Basro (A Copy Of My Mind), Adinia Wirasti (Kapan Kawin) dan Sekarsari (Siti).

Untuk pemeran pendukung pria, Mathias Muchus (Toba Dream), Adi Kurdi (Kapan Kawin) dan Oka Antara (Mencari Hilal).

Dan artis senior Christine Hakim (Pendekar Tongkat Emas)dipertanyakan para juri bisakah menjadi artis terbaik UIA 2016. Di final Christine Hakim bersaing dengan Widyawati (Surat Dari Praha) dan Ria Irawan yang berakting cantik di film Bulan di Atas Kuburan.

Menurut rencana malam final UIA akan ditayangkan Trans 7 langsung dari Balai Kartini, Jakarta, pada Sabtu 2 April 2016 mulai pukul 20.30 WIB. (Herman Ami)

 

usmar ismail award

Posting Terkait