Tak Benar Anggaran Pendidikan Riau Cuma 16 Persen

454 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tuduhan sejumlah LSM yang menyebutkan anggaran pendidikan Riau yang tercantum dalam APBD Riau 2007 sangat kecil yakni hanya 16 persen, mendapatkan bantahan dari Pemprov Riau. 

Sekdaprov Riau HR Mambang Mit kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan, tidak benar anggaran pendidikan tersebut hanya 16 persen. Tapi yang benar adalah sebesar 21,63 persen dari total APBD 2007 Rp 4,2 triliun.

Dia mengatakan, prosentase anggaran 16 persen yakni sebesar Rp536,867 miliar itu adalah alokasi dana untuk pendidikan yang diposkan untuk Dinas Pendidikan. “Jadi disini ada yang menyalah tafsirkan,” ungkap dia.

Disebutkannya, untuk sektor pendidikan masih dianggarkan pada anggaran lain sebesar Rp372,898 miliar yang diposkan untuk Satuan Kerja (Satker) yang lain
yang masih terkait dalam bidang pendidikan.

Satker tersebut diantaranya termasuk dalam Badan Perpustakaan dan Arsip, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Pemuda dan Olahraga dan beberapa instansi lainnya dalam bentuk pelatihan-pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang juga terkait dengan pendidikan.

Satker lain itu juga termasuk pemberian bantuan bagi perguruan tinggi, yayasan pendidikan, dan kepada penyelenggara pendidikan informal baik pendidikan umum maupun pendidikan agama.

“Sehingga total keseluruhan anggaran untuk pendidikan adalah 21,63 persen dari total APBD Riau 2007 atau sekitar Rp900 miliar lebih,” katanya. Jadi tidak benar kalau untuk anggaran pendidikan hanya sebesar 16 persen saja.(Ad)

 

Posting Terkait