Taksi di Pekanbaru Juga Banyak Menggunakan Argo Kuda

502 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebandelan para sopir taksi di Pekanbaru memang lengkaplah sudah. Mereka tidak hanya membandel dengan tidak menggunakan argo, tapi ada juga sopir taksi yang telah menggunakan argo, namun argo kuda.

Maksud argo kuda ini perputaran argonya tidak sesuai lagi dengan kondisi normal, sehingga nilai rupiah yang harus dibayar penumpang membengkak. Misalnya kalau argo normal hanya Rp25 ribu, tapi di argo kuda bisa kena sampai Rp60 ribu rupiah.

Hal seperti ini pernah dialami wartawan RiauInfo sendiri saat menggunakan jasa taksi dari pertigaan Jalan Riau-Jalan Yos Sudarso menuju Kantor Gubernur Riau. Perjalanan yang hanya menempuh lebih kurang 2,5 Km itu, pada angka di argo menunjukkan ongkos sebesar hampir Rp50 ribu.

Karena merasa tidak wajar, sempat diprotes. Namun sopir taksi mengatakan memang sebesar itu ongkosnya. Kalau tidak percaya lihat saja sendiri di pencatat argonya. Pada argo memang menunjukkan angka hampir Rp50 ribu.

Karena merasa penasaran, wartawan RiauInfo pada hari yang sama mencoba jasa taksi lain dengan jarak tempuh sebaliknya, yakni Kantor Gubernur ke Pertigaan Jalan Riau-Jalan Yos Sudarso. Ternyata ongkosnya sangat jauh berbeda yakni hanya Rp 17.000.

Sehubungan hal itu, instansi terkait seharusnya tidak hanya menertibkan taksi yang tidak berargo saja, tapi alat mencatatnya juga harus sering di kir ulang. Sebab disinyalir banyak taksi memperdaya penumpangnya dengan menggunakan argo kuda tersebut.(ad)

Posting Terkait