TANGGULANGI SAMPAH.. Pemko Luncurkan Program Warung Daur Ulang dan 3R

327 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Untuk memanfaatkan sampah yang masih bisa didaur ulang, Pemko Pekanbaru mendirikan warung daur ulang di setiap kecamatan. Warung daur ulang ini diharapkan akan menjadi salah satu wadah bagi warga untuk meningkatkan lebersihan dan memanfaatkan berbagai sampah untuk diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Walikota Pekanbaru Herman Abdullah menilai, keberadaan warung daur ulang ini akan mengurangi masalah sampah di Pekanbaru.

Menurut Herman, sebenarnya Pemko Pekanbaru telah mempunyai program untuk hal yang berkaitan dengan kebersihan kota ini. Melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Pekanbaru telah ada program 3R (Reuce Redius Rycle). Program yang meningkatkan kesadaran manfaat sampah sekolah dari para pelajar ini telah berjalan di sejumlah sekolah dengan sukses di Pekanbaru.

Menurut Kepala BLH Pekanbaru Dedi Gusriadi, pada 2010 ini peningkatan program 3R dilakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan. Dimana sedikitnya 35 sekolah telah menerapkan program 3R.

“Program 3R ini bertujuan untuk memanfaatkan sampa dari jajanan para siswa. Dimana sampah itu bisa dibagi dari berbagai jenisnya, ada yang organik dan anorganik. Dari mengenal jenis sampah ini, maka siswa akan tahu bagaimana cara memanfaatkan sampah selanjutnya hingga menjadi bernilai ekonomis. Program ini juga merupakan penerapan undang-undang nomor 18, tahun 2008 tentang sampah,”terang Dedi.(Surya)

Posting Terkait