TEKANAN RENDAH RUBAH CUACA… Hujan Tekan Karhutla Sumatera Hingga Nol

145 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sejumlah tekanan rendah di Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan telah meningkatkan curah hujan di Pulau Sumatera. Selain Riau, peluang hujan juga meluas di provinsi lain wilayah Pulau Sumatera secara umum, Senin (23/02/2009) ini. Dampak positif hujan sementara ini adalah tertekannya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pulau Sumatera hingga ke titik nol. 

Badan meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, tekanan rendah terjadi di sejumlah Samudera Hindia seperti di wilayah Timur Pulau Sumatera dan wilayah Selatan Pulau Sumatera. Semantara, tekana rendah di Laut Cina selatan juga meningkatkan intensitas hujan di sejumlah wilayah Pulau Sumatera hari ini.

Staf analisa Warih mewakili kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu mengatakan, tekanan rendah akan mempengaruhi sejumlah wilayah sekitarnya. Pengaruh itu bisa berupa curah hujan atau kekeringan. Tekanan rendah di sejumlah Samudera Hindia dan Laut Cina Selatan saat ini telah menyebabkan meningkatnya curah hujan. Sehingga kebakaran hutan dan lahan yang menimbulkan titik api kandas ke titik nol di wilayah Pulau Sumatera hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait