“Tergantung Keputusan Pemerintah Pusat”

372 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Ketua Komisi A DPRD Riau, Drs H Yuherman Yusuf menghimbau kepada masing-masing Kabupaten/Kota agar jangan membuat isu tak sedap terkait dengan permintaan beberapa daerah untuk dimekarkan. Wacana pemekaran daerah tersebut tergantung dengan keputusan Pemerintah Pusat.

“Jika pemerintah pusat menyetujui atau menstop kita ikut dengan kebijakan pemerintah pusat. Tapi, alangkah baiknya, Kabupaten/Kota berkonsentrasi membangun daerahnya masing-masing. Jangan lagi sibuk untuk dimekarkan,” ungkap Yuherman Yusuf kepada RiauInfo di Kantor DPRD Riau, Jumat (16/11).

Menurut Yuherman, memang ada sebab sehingga terjadinya wacana pemekaran di beberapa daerah. Hal itu dikarena selama ini telah terjadi adanya ketimpangan dalam pelaksanaan pembangunan yang tidak merata.

“Saya pikir pemekaran ini tidak perlu lagi dibesar-besarkan. Karena keinginan beberapa daerah di Kabupaten/Kota untuk memisahkan diri ini dimanfaatkan oleh sekelompok orang yang tidak mau bertanggungjawab,” katanya.

Sebenarnya permasalahan pemekaran wilayah merupakan sesuatu kepentingan komunitas elit politik itu sendiri. Hanya saja keinginan pemekaran ini harus disesuaikan dengan mekanisme yang telah ditetapkan pemerintah Pusat. Apapun komitmen yang dikeluarkan Pemerintah Pusat, sepanjang itu bagus harus dapat diikuti.

Yuherman berharap Pemerintah Pusat harus dapat mendengar keinginan masyarakat didaerah. Karena selama ini pemerintah pusat terkadang tidak mampu memenuhi kebutuhan daerah, itulah yang sangat dikesalkan daerah.(Dd)

 

Posting Terkait