TERKAIT BERAPA MASYARAKAT RIAU BUTUH ASKESKIN “Diskes Harus Proaktif”

381 views

PEKANBARU (RiauInfo)-Telah dikeluarkanya dana Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin (Askeskin) oleh Pemerintah Indonesia sebesar Rp 1,7 triliun diperuntukan untuk seluruh Indonesia. Untuk itu, diminta kepada kepada Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) melalui Dinas Kesehatan segara proaktif memasukan data berapa masyarakat Riau yang membutuhkan Askeskin. Apa maksdunya Bang?

“Ya, kita takut saja kalau kita telat. Maka Riau akan dapat kecil lagi. Sehingga program yang telah dibuat tak masksimal pengunaan Askeskin ini,” ungkap Anggota Komisi D DPRD Riau, Ir Hendra Masdarta kepada RiauInfo di Kantor DPRD Riau, Rabu (29/8).

Menurut Hendra, hingga hari dia menilai pelaksanaan Askeskin di RSUD Arifin Achmad tersebut belum maksimal betul. Masih terkesan amburadul. Tak ada penyesuaian dengan anggaran yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) sebesar Rp.500 juta.

Memang Askeskin ini hanya diperuntukan untuk menangulangi pasien rawat inap, tetapi bukan obat dan sebagainya. “Kalau saya nilai, rawat inap dikelas III itu satu malam sekitar 40 ribu. Jadi hampir tidak ada sama selaki yang diterima masyarakat dengan program Askeskin tersebut. Karena obat tidak termasuk dalam Askeskin,” keluhnya.

Hendra berharap kepada Diskes segera proaktif untuk mencoba meningkatkan jumlah Askeskin untuk Riau. Sehingga bisa mengkaver masyarakat Riau lebih banyak lagi. “Dan kita juga minta adanya MoU PT. Askes dengan Pemerintah Indonesia. Dengan memasukan Askeskin dengan nilai preminya Rp5000 rupiah/kepala yang menerima Askeskin. Kemungkinan besar Askeskin ini bisa menerima obat. Selain rawat inap juga dapat mengkaver obat. Sehingga Askeskin ini dapat dirasakan masyarakat miskin,” katanya mengakhiri. (Dd)

 

Posting Terkait