Tiga Kabupaten di Riau Dilanda Banjir, Warga Mulai Mengungsi

262 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak tiga kabupaten di Riau sejak beberapa hari terakhir ini dilanda banjir, yakni Kabupaten Kampar, Rokan Hulu dan Kuansing. Banjir tersebut telah memaksa ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat-tempat yang aman.

Untuk wilayah Kabupaten Kampar, banjir terparah terjadi di Gunung Sahilan yang telah menggenangi tidak kurang 300 unit rumah warga. Bahkan banjir telah memutuskan hubungan darat ke kawasan tersebut, sehingga warga terpaksa hanya bisa menggunakan perahu.

Sedangkan di Kabupaten KUansing banjir sudah dapat dilihat dari naiknya permukaan Sungai Kuantan. Ketinggian air di tepian Narosa Taluk Kuantan sudah mencapai 1 sampai 1,5 meter. Puluhan kepala keluarga yang tinggal di pesisir Sungai Kuantan telah mulai mengungsi.

Banjir yang melanda Kabupaten Rokan Hulu juga cukup parah. Luapan Sungai Rokan di kawasan ini telah menenggelamkan sejumlah desa di Kecamatan Kunto Darussalam. Ratusan rumah dan ratusan hektar sawah masyarakat ikut terendam.

Rusli salah seorang tokoh masyarakat Kunto Darussalam mengatakan sejumlah warga saat ini sudah mengungsi. Namun sebagian lainnya masih ada yang masih bertahan di rumahnya. Sejauh ini belum ada korban jiwa akibat banjir yang datang sejak dua hari lalu ini.

Sementara itu Camat Kunto Darussalam saat dihubungi Jumat (14/3) menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan tempat penampungan bagi warga yang melakukan pengungsian. “Sampai saat ini ketinggian air masih terus bertambah,” ungkapnya lagi.(Ad)

Posting Terkait