Tiga Provinsi Korban Karhutla di Sumatera

452 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Secara umum kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menurun tajam di wilayah Pulau Sumatera, Selasa (9/03/10) ini. Selain Riau, Provinsi lainnya yang terkena kebakran hutan dan lahan adalah daerah Aceh dan Kepulauan Riau. Tiga provinsi ini masing-masing hanya mengalami satu titik api.

Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru melaporkan hal tersebut berdasarkan hasil rekaman satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). Curah hujan ,e,icu menurunnya jumlah karhutla di sejumlah wilayah Sumatera tersebut hari ini.

Sementara itu, kepala kantor BMKG Pekanbaru Philip Mustamu melalui staf analisa Warih mengatakan, untuk wilayah Riau sendiri hari ini mengalami peluang hujan berawan dan hujan di sejumlah daerahnya. Wilayah Riau yang menjadi konsentrasi hujan adalah wilayah Riau bagian Tengah, bagian Barat dan bagian Selatan.

Hujan dengan intensitas ringan dan sedang tersebut berpeluang terjadi antara rentang waktu sore hingga malam ini. BMKG mencatat masih banyaknya kuparan awan berada di sejumlah wilayah Sumatera termasuk di Riau. Keadaan itu membuka peluang hujan dan menekan jumlah karhutla di sejumlah wilayah Sumatera.(Surya)

Posting Terkait