Tiga Ribu Peserta Ikuti Gerak Jalan HUT Korpri di Bengkalis

316 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sekitar 3.000 anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), masyarakat dan pelajar membaur menjadi satu. Mereka mengikuti gerak jalan santai dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke 37, tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2008. 

Gerak jalan santai yang dilaksanakan Minggu pagi (30/11) kemarin yang mengambil start di Lapangan Tugu Bengkalis itu, dilepas Bupati H Syamsurizal. Selain Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria, sejumlah pejabat dan pengurus Korpri Kabupaten Bengkalis juga ikut mendampingi bupati melepas gerak jalan santai tersebut.

Adapun pejabat dan pengurus Korpri yang terlihat hadir dalam kesempatan itu, diantaranya Asisten I H Burhanuddin, Asisten II H Mukhlis, Kadis Kesejahteraan Sosial H Arianto, Kadis Perikanan dan Kelautan Herman Mahmud, Kepala Kantor Kebudayaan dan Pariwisata H Abdul Hamid, Kabag Humas Johansyah Syafri, serta Kabag Pengelolaan Data Elektronik Erry Ibrahim.

Gerak jalan santai yang mengambil rute Jln Jend Sudirman, HOS Cokroaminoto-Hang Tuah-Sultan Syarif Kasim dan kembali Jln Jend Sudirman itu, memperebutkan berbagai hadiah menarik. Diantara dua buah sepeda motor, kulkas, televisi berwarna dan kipas angin. Hadiah-hadiah tersebut merupakan sumbangan dari para pengurus dan anggota Korpri Kabupaten Bengkalis.

Ditemui usai melepas peserta gerak jalan, Syamsurizal mengatakan, sesuai tema HUT ke-37 Korpri, seluruh anggota korps abdi negara dan abdi masyarakat di daerah ini diminta tetap bisa menjaga netralitasnya. Namun demikian, katanya, di saat yang sama, mereka diharapkan tetap loyal kepada negara tanpa mempersoalkan afiliasi politik pemerintah.

“Bagi setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang terpenting adalah pengabdian kepada negara dan masyarakat. Hal itu bisa dilaksanakan dengan baik, kalau seluruh anggota Korpri bisa menjaga netralitas dan loyalitas kepada negara,” Syamsurizal.

Seluruh anggota Korpri di daerah ini, kata Syamsurizal lagi, mesti benar-benar dapat menghayati maka momen peringatan HUT ke-37 ini, yaitu dengan meningkatkan solidaritas antar anggota.

“Tanpa adanya semangat kebersamaan yang tinggi antar sesame anggota Korpri, pelayanan terbaik kepada masyarakat tidak mungkin dapat diberikan,” kata Syamsurizal selaku Ketua Dewan Penasehat Kabupaten Korpri Bengkalis, mengingatkan.

Syamsurizal juga berpesan, agar Korpri di daerah ini terus melaksanakan penguatan dan konsolidasi organisasi dengan sasaran terwujudnya organisasi yang kuat, handal dan netral.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, Korpri juga harus melakukan pembinaan profesionalisme, moral jasmani dan semangat korps sehingga terjadi peningkatan kompetensi, akhlak, kesehatan dan jiwa korps anggota serta meningkatkan kepedulian terhadap masalah sosial dan perlindungan hukum bagi anggota,” kata Syamsurizal.

Sementara itu, Sulaiman yang juga Ketua Dewan Pengurus Kabupaten Korpri Bengkalis mengatakan, setiap anggota Korpri tidak hanya sekadar berfungsi sebagai aparatur negara. Tetapi juga memiliki fungsi sosial-ekonomi.

Oleh karena itu, harap Sulaiman, seluruh anggota Korpri di daerah ini harus mampu mendorong pemberdayaan masyarakat dan gerak roda perekonomian, dengan menempatkan masyarakat sebagai aktor-sentral dalam kesejahteraan sosial dan pembangunan.

“Disamping itu, seluruh anggota Korpri di daerah ini juga harus mampu memahami arah kebijakan pemerintahan dengan baik dan benar serta selalu berupaya meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme,” harap Sulaiman.

Berkenaan dengan pelaksanaan Pemilu 2009 yang semakin dekat, Sulaiman mengatakan, seluruh jajaran birokrasi di daerah ini harus ambil bagian secara aktif dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut dengan tetap bersikap netral.

Menurut Sulaiman, dalam Pemilu 2009 mendatang, bangsa Indonesia menghadapi tugas besar, yakni memilih anggota DPR, Dewan Pertimbangan Daerah serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Kabupaten. Bahkan secara langsung memilih presiden dan wakil presiden.

“Sejalan dengan cita-cita untuk mewujudkan tatanan kehidupan bangsa yang kian demokratis tersebut, segenap jajaran Korpri di Kabupaten Bengkalis harus tetap memelihara kenetralan, agar seluruh proses Pemilu 2009 dapat berjalan jujur, adil, aman dan tertib,” tegas Sulaiman.(ad)

 

Posting Terkait