Tim Perahu Naga Bengkalis Kalahkan Republik Ceko

355 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Tim Dragon Boat (perahu naga) Kabupaten Bengkalis berhasil meraih prestasi dua prestasi terbaik sekaligus. Pada babak penyisihan hari pertama lomba Dragon Boat Race (DBR) di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at pagi (14/11), tim perahu naga Bengkalis B berhasil mengalahkan tim Prague Dragon Boat Club dari Republik Ceko. 

Tak hanya itu. Selain berhasil menglahkan tim dari benua Eropah tersebut, tim yang dilatih Sertu Affan Affandi dari Lanal Dumai yang tampil di Pool B ini, juga berhasil mencatat waktu terbaik dari 20 tim yang telah menyelesaikan babak kualifikasi di hari pertama tersebut.Menurut Masri, salah seorang tim official kontingen Bengkalis, catatan waktu tim Bengkalis B dalam lomba yang mengambil jarak 2 x 300 meter yang dilaksanakan di perairan pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang itu 3 menit 31,24 detik. Sedangkan waktu terbaik kedua diraih kontingen Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang menjuarai Pool C dengan catatan waktu, 3 menit 34,34 detik.

Dikatakan mantan Kasi Budaya dan Kesenian Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Bengkalis ini, di Pool B tim Bengkalis B yang berkompetisi bersama tim Republik Ceko, tim Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Bengkalis B dan tim PulauPenyengat (Kepri) ini, tidak begitu diunggulkan.

Dengan postur tubuh yang lebih baik, kata Masri, sebelum pertandingan dimulai, sebenarnya banyak penonton yang menyaksikan lomba tersebut lebih menjagokan tim Republik Ceko bakal menjadi yang tim terbaik di Pool B.

“Namun hal itu tidak membuat nyali ke-13 atlit perahu naga tim Bengkalis B ciut. Sebaliknya, hal itu justru mereka jadikan motivasi untuk menang. Bersama tim pulau Penyengat sebagai runner up, Bengkalis B lolos ke babak berikutnya,” kata Masri melalui telepon genggamnya dari Tanjungpinang, kemarin.

Masri juga mengatakan, tim Bengkalis A yang berlaga di Pool E bersama tim Satpol Pamong Praja (PP) Kota Padang (Sumatera Barat), Kuantan Singingi B dan Universitas Riau Pekanbaru, gagal menjadi yang terbaik. Meskipun sempat memimpin di awal lomba, tim Bengkalis A gagal menjadi juara Pool E dan harus puas diurutan kedua.

“Juara pertama di Pool E ini diraih Satpol PP Kota Padang dengan catatan waktu 3 menit 51,09 detik. Sedangkan waktu tim Bengkalis A 3 menit 55,07 detik. Meskipun hanya di tempat kedua, tim Bengkalis A juga lolos ke babak berikutnya,” kata Masri.

Selain Bengkalis A dan B, terang Masri, tim PODSI Bengkalis A yang berlaga bersama tim perahu naga Provinsi Kaltim, PODSI Tanjungpinang B dan AURI Tanjungpinang di Pool C juga berhasil lolos ke babak berikutnya. Catatan waktu PODSI Bengkalis A sebagai juara kedua di Pool C ini 3 menit 47,09 detik.

Mengenai tim mana yang akan menjadi lawan Bengkalis A, Bengkalis B dan PODSI Bengkalis A di babak berikutnya, Masri mengatakan belum dapat diketahui. “Masih menunggu hasil pertandingan penyisihan di Pool F sampai K yang baru akan laksanakan Sabtu pagi (15/11),” katanya.

Sementara itu, Bupati Bengkalis yang juga Ketua Umum KONI Bengkalis, H Syamsurizal yang dikonfirmasi atas keberhasilan yang diraih atlit-atlit dayung ketiga tim Bengkalis tersebut, merasa sangat bangga. Apalagi salah satu tim yang berhasil dikalahkan buda-budak Bengkalis itu berasal dari luar negeri.

Selain mengucapkan tahniah yang setinggi-tingginya, Syamsurizal berpesan, agar apa yang telah dicapai itu hendaknya tidak membuat para atlit cepat berpuas diri. “Mudah-mudahan keberhasilan di babak penyisihan itu dapat terus dipertahankan hingga menjadi yang terbaik di partai puncak (babak final),” harap Syamsurizal, seraya berharap dukungan do’a dari seluruh masyarakat kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.(ad)

Posting Terkait