TITIK API KEMBALI… Tiga Provinsi Korban Karhutla di Sumatera

113 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Setelah sempat turun drastis kemarin, jumlah sebaran titik api mulai muncul lagi di sejumlah provinsi wilayah Pulau Sumatera, Jumat (13/02/2009) ini. Berdasar data satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan, Karhutla menyala di tiga provinsi wilayah Pulau Sumatera. 

Jumlah Karhutla terbanyak masih berada di wilayah Provinsi Riau. Dimana Riau mengalami sedikitnya 5 titik apai hari ini. Menyusul Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Bangka Belitung (Babel) masing-masing satu titik api. Sehingga jumlah Karhutla menjadi 7 titik di wilayah Pulau Sumatera hari ini.

BMG Pekanbaru melaporkan, wilayah Provinsi Riau mengalami cuaca cerah dan berawan dengan temperatur maksimum mencapai 33,7 Derjat Celsius hari ini. Keadaan tidak jauh berbeda juga terjadi di wilayah provinsi laonnya yang megalami Karhutla di Sumatera hari ini.

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dologsaribu melalui staf analisa Marzuki mengatakan, temperatur tinggi dan cuaca cerah tersebut telah menjadi langganan pemicu kebakaran hutan dan lahan di Riau dan Sumatera umumnya. Pencegahan yang paling efektif untuk menekan titik api hanya mengurangi kegiatan membakar. Selain itu, hujan adalah faktor utama padamnya titik api selama ini.(Surya)

Posting Terkait