Titik Api Masih Melanda Dua Provinsi di Pulau Sumatera

272 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wilayah Pulau Sumatera masih menjadi sasaran kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hari ini. Sedikitnya dua wilayah provinsi di pulau Andalas mempunyai titik api akibat Karhutla tersebut Senin (25/08) ini. Sedikitnya BMG melaporkan ada 10 titik api menyebar di dua provinsi wilayah Pulau Sumatera. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan, hasil rekaman satelit NOAA 18 menangkap titik api itu menyebar di willayah provinsi Jambi dan Sumatera Selatan. Dimana wilayah provinsi Jambi mempunyai 2 titik dan 8 titik api berada di wilayah provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan di wilayah provinsi Riau sendiri tidak ada titik api sama sekali hari ini.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Warih mengatakan, secara umum wilayah provinsi di pulau Sumatera megalami gejala hujan secara merata, termasuk provinsi Riau hari ini. Peluang hujan masih dipengaruhi oleh gangguan cuaca di Samudera Hindia, tepatnya sekitar pesisir pulau Sumatera. Sehingga titik api kian menipis menyala untuk wilayah Sumatera.

Namun peluang hujan tersebut tidak terjadi di beberapa wilayah provinsi, seperti provisi Sumatera Selatan atau Jambi yang masih mempuyai titik api tersebut. Sehingga jumlah titik api akibat kebakaran hutan dan lahan ada 10 titik di pulau Sumatera hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait