Titik Api Naik Turun, Hari Ini 17 Titik di Riau

131 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Berdasarkan pantauan satelit NOAA 18 tanggal 5 oktober jam 14:00 WIB di Sumatera. sebanyak 43 titik api . Untuk di Riau terpantau 17 titik api antara lain di Inhil 2 titik api, Inhu 2, Pelalawan 5, Kampar 3 , Siak 3 dan Rohil 2 titik api

Sedang memasuki hari ke empat bulan Oktober ini walau tidak terjadi hujan angka Hotspot cenderung menurun dalam dua hari dibanding hari ke dua awal bulannya. Dari pantauan satelit NOAA 18, BMG Pekanbaru melaporakan, jumlah Hotspot Riau terpantau empat titik Hotspot dan cenderung menurun pada esok harinya menjadi tiga titik api.

Seperti pada 3 Oktober 2007 di Sumatera total Hotspot 9 titik, esok harinya pada 4 Oktober terdata 19 titik api. Sedang titik api di Riau pada 3 Oktober tersebut hanya empat titik api dan ada 4 Oktober terdata tiga titik api.

Daerah penyebaran titik api ini antara lain ada di Kabupaten Siak, Kampar, Pelalawan dan Inderagiri Hulu masing-masing satu titik api pada tasnggal 3 Oktober. Sedang pada tanggal 4 Oktober terjadi pengurangan titik api, namun muncul titik api baru di daerah lain selain Pelalawan, yakni di Inhil dan Kuansing.

Penurunan Hotspot ini diperkirakan akibat hari menjelang liburan hari raya dimana sangat sedikit warga yang mengerjakan pembakaran lahan dan hutan walau saat ini suhu udara masih digolongkan relatif panas dan kurangnya curah hujan. Menurut BMG Pekanbaru suhu masih normal dan stabil jika masih menunukkan antara 33’C hingga 35’C di Pekanbaru dan Riau umumnya.

Namun pada laporan terakhir pada pukul 14 siang ini seperti yang dilaporkan BMG Pekanbaru tersebut telah terdata 17 Hotspot yang terdata di beberapa daerah riau.(Surya)

 

Posting Terkait