TNI AL Miliki 9 Pos di Pulau Terluar Riau

168 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Saat ini TNI Angkatan Laut (AL) telah mendirikan sebanyak 9 pos di beberapa pulau terluar di Riau. Pndirian pos-pos tersebut bertujuan untuk memperkuat pengamanan di perairan di Riau, terutama di pulau-pulau terluar.


Gubernur Riau HM Rusli Zainal kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan TNI AL tersebut. Ini sebagai langka mengawal teritorial. Soalnya perairan Riau merupakan wilayah perairan paling strategis yang berbatasan dengan negara lain.

“Kita juga mendukung dengan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah yang wilayahnya terdiri dari perairan untuk mengawasi keberadaan pulau-pulau terluar kita. Karena wilayah perairan kita ini terbentang dari Rohil hingga ke Inhil,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Agus Suhartono mengatakan sembilan pos TNI AL yang dibangun di perairan Riau diantaranya di Pulau Jemur, Bagan Siapi-api, Dumai, Bengkalis, Pulau Rangsang, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rupat dan beberapa pulau kecil lainnya.

Selain itu TNI-AL juga telah mendaftarkan semua pulau terluar ini termasuk sembilan pulau terluar di Riau ke Internasional Maritim di PBB. Hal ini untuk mencegah dan memperkuat kepemilikan pulau-pulau tersebut.(ad)

 

Posting Terkait