Uang Palsu Rp.100.000 Ditemukan di Pekanbaru

510 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Peringatan Bank Indonesia Pekanbaru akan adanya uang palsu jelang Pemilu 2009 ini perlu jadi catatan bagi warga. Baru-baru ini, Tedi, seorang penjual pulsa di Pekanbaru menemukan uang palsu pecahan 100.000 rupiah. Tedi mulanya tidak yakin uang itu palsu. Karena sangat sulit untuk membedakannya dengan yang asli. 

Tampilan uang palsu pecahan 100.000 rupiah itu memang sangat mirip dengan yang aslinya. Sentuhan tangan bisa tertipu oleh kertas uang palsu tersebut. Bahkan, garis tali emas dan gambar bayangan dalam uang tersebut juga terlihat saat diterawang.

Namun, setelah Tedi menginformasikannya ke sejunmlah rekan-rekannya, maka secara teliti lagi sangat jelas perbedaan uang palsu dengan yang aslinya. Tali emas uang palsu itu tidak memiliki huruf Bank Indonesia dengan jelas. Sementara garis gambar bayangan di dalam uang palsu juga terlihat kasar dibanding dengan uang aslinya.

Tedi mengaku sangat tertipu dengan uang yang diperolehnya dari pembeli pulsa yang tidak lagi dia ingat beberapa waktu lalu itu. Tedi menolak saat RiauInfo menyarakan Tedi menyerahkan uang itu ke pihak berwajib. Tedi mengatakan rela dengan kerugian yang dideritanya.

“Lain kali saya akan hati-hati saja lagi, jika menerima uang dari pelanggan. Uang palsu ini saya buang saja,”ungkap Tedi kepada RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)

Posting Terkait