Udara Pekanbaru Segar dan Bersih

278 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Suasan lengan dan sepi kendaraan telah membersihkan udara kota Pekanbaru Jumat (1/01/10) ini. Keadaan itu diketahui dari tampilan mesin Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kota Pekanbaru yang menunjukkan kualitas udara pekanbaru dalam keadan baik. Grafik ISPU hanya memenuhi lampu hijau dibawah standar untuk seluruh jenis zat udara yang dideteksinya.

ISPU yang berada di jalan Sudirman depan kantor Walikota Pekanbaru tidak menunjukkan grafik merah di titik PM10 (Partikulati).

Begitu juga dengan grafik untuk Karbondioksida (CO), Oksida Belerang (SOx), O3 dan NOx-nya masih standar di psosisi grafik hijau di mesin ISPU. Keadaan ini dipicu oleh kualitas udara Pekanbaru yang diguyur hujan dalam tiga hari terakhir. Selain itu, jumlah kendaraan relatif sedikit akibat suasana liburan.

Bapedalda Kota Pekanbaru melansir pencemaran udara akan mudah dideteksi oleh mesin ISPU yang aktif jika adanya pencemaran udara dari emisi gas buang kendaraa dan pencemaran asap dari lingkungan lainnya. ISPU akan menunjukkan grafik merah jika ada pencemaran dari gas Buang Kendaraan bermotor seperti Karbondioksida (CO), Hidrokarbon (HC), Partikulat (PM10), Debu Timbal (Pb), Oksida Belerang (SOx) dan Oksida Nitrogen (NOx) tersebut.

Ilmu kesehatan menilai buruknya kualitas enam zat itu akan memicu terjadinya kerusakan lingkungan dan berakibat pada gangguan kesehatan manusia. Sedangkan saat ini mesin ISPU Pekanbaru masih mencatat baiknya kondisi udara Kota Bertuah pada hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait