Wabup Ajak DWP Laksanakan Peran Secara Maksimal

450 views

Bengkalis – Wakil Bupati Bengkalis H Normansyah Abdul Wahab mengajak seluruh pengurus, anggota dan keluarga besar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bengkalis agar benar-benar dapat mewujudkan peran, tugas dan pengabdiannya secara maksimal. Sehingga keberadaan organisasi para istri pegawai negeri sipil ini betul-betul mampu membawa manfaat dan perubahan yang nyata. Baik itu bagi keberadaan organisasi, maupun bagi masyarakat, daerah, bangsa dan negara.


Ajak itu disampaikan Normansyah, ketika memberikan sambutan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) DWP tingkat Kabupaten Bengkalis ke-7 tahun 2006. Acara peringatan yang dihadiri para pembina beserta ketua dan pengurus DWP dari masing-masing-masing unit satuan kerja di lingkungan Pemkab Bengkalis itu dilaksanakan di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin (18/12).

Pada kesempatan itu juga dan dalam rangka meningkatan dalam gerak pengabdian DWP di Kabupaten Bengkalis ke depan ini, Normansyah menyampaikan beberapa harapan. Yaitu, bagaimana DWP dapat meningkatkan perannya yang lebih konstruktif kepada anggota dan keluarga besarnya sendiri serta bagaimana DWP dapat berkontribusi dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan kaum perempuan di daerah ini.

“Kemudian, bagaimana agar DWP benar-benar dapat ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyukseskan seluruh program pembangunan di daerah ini,” harap Normansyah dalam acara yang juga langsung dihadiri Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Ny Hj Darmiwati Sulaiman dan Pembina DWP Kabupaten Bengkalis, Ny Hj Sri Wahyuni Normansyah tersebut.

Selanjutnya, ujar Normansyah, eksistensi DWP di daerah ini, ke depan juga harus benar-benar dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan kaum perempuan yang ada di kabupaten bengkalis. Dalam kaitan ini, imbuh Normansyah, DWP bersama seluruh organisasi perempuan lainnya, harus dapat membangun dan memberdayakan potensi yang dimiliki kaum perempuan. Sehingga posisi kaum perempuan benar-benar berada pada posisi yang tepat, proporsional dan wajar.

“Memang, upaya untuk memberdayakan dan memajukan kaum perempuan ini, tidak mungkin hanya dapat hanya dilakukan kaum perempuan saja. Tetapi yang terutama dan paling penting, keinginan itu mestilah berangkat dari tekad dan kemauan yang kuat serta upaya yang nyata yang dilakukan kaum perempuan itu sendiri,” terang Normansyah, memberikan motivasi.

Di kesempatan itu, Normansyah juga menyinggung tentang berbagai langkah yang harus dilakukan guna meningkatkan nasib, kesejahteraan dan masa depan kaum perempuan di daerah ini. Menurutnya, hal pertama dan paling utama serta paling mendesak dilakukan adalah melindungi kaum perempuan dari berbagai kondisi yang ekstrim. Misalnya, dari kekerasan, kejahatan, penderitaan dan kemiskinan yang sangat absolut. Setelah itu baru dilakukan upaya untuk memberdayakan mereka serta memenuhi hak-hak dasar mereka.

“Dalam rangka memberdayakan dan memenuhi hak-hak dasar kaum perempuan ini, saya mengajak seluruh pengurus dan anggota DWP di daerah ini untuk dapat memikirkan dan merumuskan berbagai program nyata yang dapat dirasakan manfaatnya, khususnya oleh kaum perempuan serta dapat dilakukan secara berkesinambungan,” pintanya.

Selanjutnya, kata Normansyah lagi, setelah memperoleh perlindungan, diberdayakan dan dipenuhinya hak-hak dasarnya, maka tingkatan berikutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana memajukan, mengembangkan potensi yang dimiliki kaum perempuan di daerah ini. Tekad untuk memajukan dan mengembangkan kaum perempuan ini harus dilakukan dengan tujuan agar kaum perempuan itu memiliki posisi yang baik pada berbagai bidang pembangunan, seperti bidang politik, ekonomi dan sosial.

“Bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan potensi pembangunan lainnya, ke depan, langka-langkah inilah yang harus dijalankan secara bersama-sama. Termasuk oleh seluruh organisasi perempuan yang ada di daerah ini. Untuk itu, sekali lagi saya berharap supaya DWP seluruh organisasi perempuan yang ada di daerah ini benar-benar dapat mengambil peran yang nyata, kontributif dan relevan sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing,” imbuh Normansyah.***

 

Posting Terkait