Wabup: Orang Tua Harus Tingkatkan Pengawasan

254 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Selaku Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bengkalis, Wakil Bupati, H Normansyah Abdul Wahab, sangat mengharapkan agar para orang tua di daerah ini, khususnya di Kecamatan Mandau untuk benar-benar memperhatikan dan melakukan pengawasan secara ketat terhadap anak-anaknya agar tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba. 

Hal ini diungkapkan Norman, karena menurutnya, saat ini Mandau bukan lagi hanya menjadi daerah transit peredaran barang haram tersebut. Saat ini status Mandau justru sudah meningkat. Bukan hanya untuk transit, tetapi telah menjadi daerah tujuan utama peredaran narkoba.

“Dan salah satu sasaran utamanya, adalah generasi muda dan anak-anak sekolah,” terang Norman didampingi Sekretaris BNK Bengkalis H Mukhlis, seperti dikutip Kabag Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri, yang juga tercatat sebagai salah seorang anggota Satgas BNK Bengkalis. Keterangan Wakil Bupati Bengkalis ini disampaikan Johan kepada wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (27/3) kemarin.

Masih menurut Norman, peran orang tua dalam mencegah agar anak-anaknya tidak menjadi korban penyalahgunaan narkoba sangat besar. ”Karena, orang tua merupakan orang yang paling dekat dan mengetahui betul kondisi keseharian anak-anaknya,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bengkalis ini.

Ditambahkan Norman, adapun ciri-ciri pengguna atau pemakai narkoba dimaksud diantaranya, seseorang itu menjadi tertutup, penuh rahasia dan cenderung suka menyendiri. Mudah curiga dengan semua orang (paranoid). Kemudian, seseorang itu suka melamun karena berhalusinasi, jika bicara tidak nyambung dan suka menangis atau tertawa tanpa sebab.

”Selain itu, pengguna narkoba itu sering berbohong, menjadi kasar dan tidak sopan, sensitif dan pemarah. Sering kehabisan uang dan suka mencuri atau menjual barang barang di rumah untuk membeli narkoba, menjadi pemalas dan prestasi belajar di sekolah menurun drastis,” terangnya.

Kemudian, bila dilihat dari cara berpakaian, tambah Norman lagi, pengguna narkoba itu cara berpakaiannya berantakan, jarang mandi dan tidak memperhatikan penampilan diri sendiri. Ciri-ciri lain, katanya, pengguna narkoba itu mata merah, cekung dan tampak mengantuk, berat badan menurun karena makan tidak menentu.

”Untuk itu, baik di rumah maupun di luar rumah, orang tua harus melakukan pengawasan secara ketat agar anak-anaknya tidak terjerumus menjadi pemakai atau pecandu,” ujar Norman, seraya berpesan agar para orang tua di daerah ini patut mencurigai dan mempertanyakan kepada anaknya apabila pada anaknya terjadi perubahan perubahan seperti itu.

Posting Terkait