Wagubri Hadiri Seminar ”Alam Takambang & Kearifan Lokal”

326 views

Wagubri-Seminar-Bukittingi-(5)

PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Gubernur Provinsi Riau Arsyadjuliandi Rachman menghadiri seminar sehari reunian SMAN 1 Bukittinggi, di Auditorium Perpustakaan Bung Hatta Gulai Bancah, Bukittinggi, Kamis (11/9). Pertemuan ini bertemakan “Alam Takambang dan Kearifan Lokal sebagai Modal untuk Pembangunan Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Padangpanjang, dan Tanah Datar (Bukapalitar).

Seminar dibuka oleh Bupati Agam Indra Catri. ”Kita bersama dengan lima kepala daerah lainnya yang merupakan alumni SMAN 1 Bukittinggi, sengaja mengundang Kementerian Pekerjaan Umum, guna melakukan kerjasama MoU dalam mewujudkan pembangunan prasarana dan sarana bidang pekerjaan umum yang terintegritasi dan berkelanjutan yang terdapat di daerah Provinsi Sumatera Barat, khususnya wilayah Bukapalitar,” kata Indra Catri.

Pertemuan ini diharapkan dapat mewujudkan pemerataan pembangunan yang terintegritas dan berkelanjutan.

Kabupaten Agam:

Kabupaten Agam memiliki luas wilayah 2.232,30 km² atau setara dengan 5,29% dari luas Sumatera Barat 42.297,30 km². Secara letak dan kondisi geografis, Agam juga terletak pada kawasan yang sangat strategis, dilalui oleh jalur Lintas Tengah dan Lintas Barat Sumatera serta dilalui oleh Feeder Road yang menghubungkan Lintas Barat, Lintas Tengah dan Lintas Timur Sumatera. Ini sangat menguntungkan, dapat mendorong daya saing perekonomian dengan memanfatkan keuntungan geografis.

Kawasan perbukitan atau pegunungan dan pesisir adalah kawasan lindung sebagai basis ekonomi pertanian.

Kabupaten Agam adalah kawasan rawan bencana dengan potensi bahaya tsunami, abrasi, gerakan tanah atau longsor, gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Selain Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, juga hadir dalam kesempatan itu Kepala Badan Pembinaan Jasa Kontruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia, Ediyanto, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, enam kepala daerah dari Bukapatilar, yakni Walikota Bukittinggi Ismet Amziz, Bupati Agam Indra Catri, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo, Walikota Padangpanjang Hendri Arnis, dan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadique.

Foto lainnya:

Posting Terkait