Wagubri Ingatkan Warga Riau Waspadai Cuaca Ektrem

586 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit mengingatkan masyarakat Riau untuk mewaspadai cuacara ekstrim yang akan terjadi di Riau. Cuaca ekstrim ini dapat berupa panas yang terasa begitu terik, dan bisa juga hujan lebat yang turun berkepanjangan. Menurut Mambang, cuara ektrem ini, terutama hujan lebat yang turun berkepanjangan perlu diwaspadai karena biasanya dapat menimbulkan bencana banjir di beberapa kabupaten/kota di Riau. “Makanya dari jauh hari sebelumnya kita harus mewaspadainya,” jelas dia.

Mambang menyebutkan, mewaspadai itu dapat dilakukan dengan cara melakukan peninjauan ke titik-titik genangan air agar tidak melebihi intensitas dengan melakukan gotong royong bersama. “Meskipun pemerintah turin menurunkan tim kebersihan di daerah-daerah, namun peran serta masyarakat juga harus aktif,” jelasnya.

Disebutkannya lagi, antisipasi bersifat rutin dan insidentil memang perlu dilakukan, dan dirinya sudah menegaskan kepada dinas terkait agar melakukan pantauan terus. Beberapa daerah yang kerap terkena banjir memang butuh relokasi, namun prosesnya butuh waktu yang panjang.(zas/rp)

Posting Terkait