Wagubri Resmikan Museum Olahraga Riau

587 views

PEKANBARU: Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit, kamis (13/9) resmikan Museum olahraga Riau di Stadion Utama Riau, komplek Universitas Riau, Panam. Keberadaan museum ini diharapkan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terkait sejarah olahraga di Riau, maupun nasional.

Sebagai tuan rumah PON kata Mambang, sudah sepantasnya Riau memiliki museum olahraga ini. Karena penyelenggaraan PON XVIII ini merupakan bagian dalam sejarah yang nantinya akan dipamerkan di museum tersebut.

“Keberadaan museum olahraga ini memang sudah pantas ada disini, karena kita tahu bagaimana perjuangan atlet-atlet nasional terutama yang dari Riau dalam mengukir prestasi, tetapi tidak banyak yang mengentahui itu. Karena itu, dengan adanya museum ini, semua orang akan bisa mendapatkan informasi, siapa saja atlet legendaris yang pernah mengharumkan nama bangsa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, di museum ini juga akan memamerkan sejarah panjang perhelatan PON dari masa kemasa. Sehingga masyarakat akan tahu bagaimana sejarah bangsa indonesia dalam membangun perdaban dan jati diri melalui dunia olahraga.

“Ini satu langkah maju yang dilakukan Provinsi Riau. Masyarakat harus kita cerdaskan dengan memahami sejarah masa lalu dunia olahraga ini. Dengan adanya museum ini, tentu masyarakat akan tau, apa saja bentuk perlatan pertandingan semua cabang olahraga di PON, siapa saja atletnya, daerah mana saja yang sudah berhasil menyelenggarakan PON ini. Ini penting agar kita tahu apa saja yang sudah dialami bangsa Indonesia dalam membangun jatidiri dari olahraga,” jelasnya.

Mambang berharap, kebaradaan museum ini dapat mengingatkan seluruh elemen bangsa kepada mantan atlet berprestasi yang selama ini cenderung terlupakan dan kurang mendapat perhatian.

Dikesempatan itu, Mambang juga memberikan bantuan sagu hati secara simbolis kepada atlet dan mantan atlet berprestasi ditingkat nasional dan Internasional, seperti Ellyas Pical (mantan petinju nasional) dan Asrelawandi (Binaragawan Riau).(yan)

Turut hadir dalam peresmian ini, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, Ketua Harian PB PON Syamsurizal, Wakil Ketua KONI Riau Hasanusi Js, Kabid Binpres KONI, Sudarto serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Riau.(yan)

Posting Terkait