Wakil Menteri Agama Buka Konferensi Imam Besar Masjid se-Dunia

558 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Wakil Menteri Agama Prof. Dr. Nasarudin Umar, Senin (2/12) malam membuka secara resmi Konferensi Imam besar Masjid se-Dunia di Hotel Aryaduta, Pekanbaru. Konferensi ini diikuti oleh para imam besar dari 14 negara di dunia dan dari Indonesia.

Saat menyampaikan kata sambutannya, Nasarudin mengatakan, digelarnya Konferensi Imam Besar se-dunia ini merupakan gagasan yang cerdas dan brilian. Karena sebelumnya, belum ada konferensi seperti ini di seluruh dunia.

Karena itu dia berharap, dari konferensi ini nantinya akan menghasilkan hal-hal penting dalam memajukan Islam di dunia, dan bisa mencerahkan umat Islam. “Melihat ini merupakan kegiatan yang sangat positif, saya akan mendukung semua hal yang akan dihasilkan dalam konferensi ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, nasarudin mengatakan, imam mempunyai peranan besar bagi umat Muslim di dunia. Imam tidak hanya mengelola masjid, tapi juga bisa menjadi guru bahkan menjadi pimpinan spritual bagi umat Islam.

Disebutkannya, di negara-negara Barat seperti Eropa, seorang Imam bertindak sebagai pemimpin komuniti umat Islam. Kalau disebut Imam, maka orang akan berfikir dia merupakan sosok pemimpin kominitas umat Islam.

Karena itu melalui Imam, diharapkan tidak ada yang berfikir bahwa Islam itu adalah agama teroris atau kekerasan. “Islam itu adalah agama yang penuh kesejukan, kedamaian, dan penuh kasih sayang,” ungkapnya lagi.

Dalam kesempatan ini Nasarudin juga memaparkan bahwa di zaman Rasulullah, masjid menjadi tempat yang sangat penting. Masjid tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah, tapi juga digunakan untuk melakukan hal-hal lainnya.

Diantaranya masjid dijadikan sebagai pusat pendidikan, sebagai rumah singgah bagi orang yang dalam melakukan perjalanan, sebagai rumah sakit bagi para korban perang, sebagai tempat pertemuan, dan sebagainya.

“Karena itu kita harus bisa mentauladani sikap-sikap Rasulullah itu dalam memelihara masjid. Kita harus hidupkan selalu ramaikan mesjid sebagai tempat yang bermanfaat bagi umat,” tambah dia lagi.(rgi/ad)

Posting Terkait