Pacu Jalur Kuantan Singingi jadi Tema LKJ Raja Ali Kelana 2024

Pacu Jalur Kuantan Singingi jadi Tema LKJ Raja Ali Kelana 2024
Pacu jalur di Kabupaten Kuantan Singingi

PEKANBARU (Riauinfo) - Sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 Tingkat Provinsi Riau, Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) Raja Ali Kelana berhadiah total Rp35 juta kembali digelar. Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau diajak turut serta mengikuti lomba lomba jurnalistik tahunann berupa karya tulis dan foto ini. Dijadwalkan rombongan PWI Riau yang akan melakukan ekpedisi atau turun ke lokasi acara ke Kuansing ini 7-8 Juni 2024.

Tema lomba tahun ini, adalah Tradisi Pacu Jalur Kuantan Singingi. Mengembangkan liputan seputar Budaya Lestari, Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit, dan Masyarakat Sejahtera. Kegiatan ini memnag bagian dari rangkaian acara HPN tingkat Provinsi Riau dilaksanakan di Telukkuantan, pada pertengahan Juli 2024 mendatang

"Tentu saja kita mengajak rekan-rekan anggota PWI Riau untuk dapat berpartisipasi dalam LKJ Raja Ali Kelana ini. Ayo siapkan rencana liputan dan karya foto terbaik dari sekarang," ujar Raje Isyam Azwar, Selasa (4/6/2024).

Ada dua kategori lomba, yakni karya jurnalistik tulisan dan karya jurnalistik foto. Untuk itu, semua peserta akan diajak langsung melihat tradisi Pacu Jalur di salah satu kecamatan di Kuansing pada akhir pekan ini. Sehingga, karya-karya yang dihasilkan memang berdasarkan hasil liputan dan hunting lapangan, sehingga akan mendapatkan hasil terbaik.

Menurut Ketua HPN Tingkat Provinsi Riau H. Fithriady Syam, kegiatan LKJ Raja Ali Kelana ini terbuka untuk seluruh anggota PWI Riau. Adapun hadiah yang diperebutkan bernilai total Rp35 juta. Rinciannya, R22,5 juta untuk LKTJ. Juara atau karya terbaik LKTJ akan mendapatkan hadiah Rp7,5 Juta. Selain itu, disediakan juga hadiah untuk 30 nominator masing-masing Rp500 Ribu. Adapun untuk LKFJ akan mendapatkan hadiah total Rp10 juta. Pemenang utama atau karya fotografi terbaik mendapatkan Rp5 juta. Sementara 15 nominator akan mendapatkan masing-masing Rp500 ribu.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Pemkab Kuansing. Baik kunjungan ekspedisi, transportasi, akomodasi dan memfasilitasi acara selama anggota PWI Riau berada di Kuansing. Dukungan juga diberikan oleh PWI Kuansing yang telah menyiapkan lokasi liputan, pertemuan dengan para tokoh masyakarat, Kominfo, serta Dinas Pariwisata.

Adapun ketentuan teknis LKTJ, lomba terbuka untuk seluruh anggota PWI di Riau yang dibuktikan dengan kartu pers. Tidak ada pembatasan jumlah kata. Karya harus sesuai dengan tema lomba, orisinal, dan dapat dipertanggungjawabkan, bukan terjemahan, saduran, rangkuman, dan tidak mengandung advertorial komersial. Karya tidak mengandung unsur pornografi, politik, kekerasan, penghinaan, dan SARA.

Sedangkan untuk LKFJ, ketentuannya ukuran foto maksimal 7 MB dengan format .JPG. Resolusi foto 72-300 dpi. Panjang atau tinggi foto minimal 2.000 pixel dan maksimal 4.000 pixel. Foto yang dikirimkan tidak boleh terdapat watermark/identitas foto dalam bentuk apapun. Peserta wajib menyertakan caption pada foto yang dikirimkan. Editing yang dilakukan terhadap foto diperkenankan hanya sebatas editing kontras, rotating dan cropping.

Baik karya tulis ataupun foto dikirimkan ke panitia melalui email [email protected]. Karya yang dikirimkan disertai dengan bukti muat di media cetak atau online (link berita atau print/pdf koran), soft copy karya (berbentuk word untuk karya tulis dan soft copy foto), dan kartu pers.

#PWI

Index

Berita Lainnya

Index